Home » » Misteri Kamar yang Diduga Persembunyian Sindikat

Misteri Kamar yang Diduga Persembunyian Sindikat

Written By Unknown on Monday, October 14, 2013 | 11:06 AM

Kamar 39, Korea Utara

Sindikat bawah tanah di Korea Utara yang dikenal sebagai kamar 39 ini sudah membangun dan menjalankan imperium kejahatan selama lebih dari 10 tahun. Kegiatan ini telah memungkinkan Pyongyang tahan terhadap dampak sanksi ekonomi international selama lebih dari satu decade, dan secara diam-diam mengeruk pendapatan lebih dari 1 miliar dolar per tahunnya.

Ditambah lagi dari penjualan narkoba, perdagangan senjata serta rokok. Kamar 39 ini merupakan kebanggaan dan kebahagiaan Kim II-sung, diktator korea di masa lalu. Akan tetapi, sebelum kematian putranya, kamar ini menjadi bumerang bagi rejim Pyongyang. Banyak ahli kimia yang dilatih dan dipekerjakan disini. Kantor ini juga bekerjasama dengan dua kantor lainnya untuk mendapatkan mata uang asing bagi kalangan elit serta mengelola uang itu untuk partai dan Kim.

Tempat ini di tahun 1988 resmi menjadi departemen partai independent. Sejak saat itu pula terlibat di dalam penyelundupan rokok, penipuan dokumen dan asuransi, pemalsuan mata uang dan produksi. Tempat ini merupakan satu-satunya tempat yang didukung penuh oleh suatu negara. Diproyeksikan sebagai salah satu organisasi rahasia di Korea Utara yang mencari cara untuk memperoleh mata uang asing untuk Kim Jong-il.

Kamar ini didirikan pada tahun 1970-an dan tidak diketahui dari mana nama ini berasal. Sangat sedikit sekali informasi tentang Room 39 ini dikarenakan sifat rahasia organisasi sekitarnya. Cara kerja Biro ini adalah menggunakan 10-20 rekening bank diCina dan di Swiss, untuk tujuan pemalsuan, pencucian uang dan transaksi ilegal lainnya. Tempat ini juga disinyalir terlibat dalam penyelundupan Narkoba dan penjualan senjata.

Korea Utara telah membantah terlibat dalam kegiatan ilegal apapun. Kamar 39 diyakini berada di dalam sebuah Gedung Partai Buruh di Pyongyang, ibukota Korea Utara. Banyaknya kegiatan illegal yang dilakukan seperti pemalsuan $ 100-an, produksi zat yang dikendalikan (termasuk heroin dan shabu) serta penipuan asuransi internasional.

Meskipun pengasingan negara Korea Utara membuat informasi seperti ini, namun banyak yang mengklaim Kamar 39 sangat penting untuk kekuatan lanjutan Kim Jong Un, memungkinkan dia untuk membeli dukungan politik dan membantu mendanai program senjata nuklir negara itu. 

0 komentar:

Post a Comment